WITT #21: Vlog vs Blog

[Language: Bahasa Indonesia + English]

Beberapa waktu ini, aku lagi rajin banget “nongkrongin” Youtube. Alasannya? Mungkin sama dengan sebagian besar orang-orang pada umumnya, yaitu nontonin Vlog dari beberapa public figure, ada yang bikin video mukbang (Korean, means: menayangkan video yang isinya orang lagi makan dalam jumlah yang buanyak!), showing off their travel journey ataupun hanya sekadar nonton beauty tips and recommendation.

Vlog ini bisa dibilang hal yang lagi rame banget di Indonesia, karena simply because it makes you rich and famous! Even you don’t have to be celebrities or model. Ini tentu menjadi sebuah kultur baru di Indonesia, khususnya untuk para muda-mudi yang kreatif, juga para millennials yang mencari ketenaran.

Dibandingkan dengan blog yang mungkin sebagian orang it’s so last yeaaar, vlog ini sangat happening, karena kita tinggal play, pause, forward, backward dan reply sesuka kita. Dilengkapi dengan audio, video dan animasinya, bikin vlog ini lebih easy to enjoy it and more real-time! Pada setuju gak, sih?!

Sebenarnya, post aku ini lebih kepada ingin mengungkapkan rasa kegamangan (halah!) aku as a loyal blog-reader and writer. Jadi tuh, selalu kepikiran dan mempertanyakan, apakah sebegitu happening nya si vlog-vlog ini sehingga akan mengurangi budaya kita untuk membaca?

Misalnya, membaca blog.

Padahal setelah dipikir-pikir, jika dibandingkan, yang mana lebih mudah antara vlog dan blog, jelas jauh lebih mudah nge-blog sih. Karena kita tinggal sediain konten tulisan, mau idenya seperti apa, terus bagi yang mau lebih menarik, bisa masukin beberapa foto pendukung untuk mempercantik tulisan kita, lalu tinggal publish deh! Beda banget sama nge-vlog, kita harus banyak ambil footage video, belajar untuk edit video, buat konten dengan konsep yang menarik dan eye-catching, atur audio dan masih banyak hal lainnya. Untuk sebagian orang mungkin nge-vlog jauh lebih memudahkan dan tentu, menguntungkan! Tapi kemudian, apakah ini menjadi tanda blogging will be extinct very very soon? NOOOO.. I really hope it won’t happen.

Emang kenapa?

Aku itu termasuk orang yang harus, wajib banget membaca setiap harinya. Kalau lagi gak ada buku atau novel yang menarik untuk dibaca, at least, aku sempat-sempatin baca berbagai macam artikel, berita, bahkan sekadar pengalaman atau tulisan dari bloggers yang aku follow! Biar apa emangnya? Gak biar kenapa-kenapa sih, but…

“Reading will always fill my soul and my mind. It is more than just a habit.”

Iya, jadi sepenting itu buat aku untuk membaca setiap harinya. Selalu ada esensi khusus yang aku rasakan setiap membaca yang menurut aku, gak bisa dibandingkan dengan ketika kita menonton video dari para vloggers. Ya, walaupun sekarang juga disambi buat nonton vlog yang kebanyakan soal travel sama kuliner sih.

Ada kepikiran untuk buat vlog?

Ada banget! Tapi aku itu gak sepede dan senarsis itu sih ngobrol depan kamera, I feel myself more comfortable behind the camera than in front. Sejauh ini, masih sangat menikmati untuk menulis dan mengekspresikan diri dengan menulis di blog, instead of video.

Walaupun sebenarnya, selama aku jalan-jalan atau traveling, aku selalu dan hampir gak pernah lupa untuk mendokumentasikan perjalanan aku baik dengan foto maupun video. Jadi, ya cukup banyak foto dan video yang aku ambil, walaupun masih sangat gak profesional sih.

Nah, kalau menurut kalian mendingan baca blog atau nonton vlog? Terus masih ada gak sih yang baca blog orang “gini hari”…? Leave your comment below ya!

 

Leave a Reply

